Liga 1 Indonesia 2017

Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia

Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia yang sebelumnya bernama Liga 1 Indonesia, setelah tarik ulur akibat beberapa kendala teknis, maka secara resmi PSSI mengumumkan Liga nomor 1 di tanah air tersebut akan dimulai pada hari Sabtu 15 April 2017.

18 klub papan atas Indonesia akan berkompetisi menjadi yang terbaik di tanah air. Juara ISC 2016 Persipura Jayapura, dan Juara Piala Presiden 2017, Arema Malang, diprediksi akan menjadi lawan yang tangguh. Tak ketinggalan beberapa tim lainnya seperti Semen Padang dan Barito Putera yang memberi kejutan di Piala Presiden yang baru saja berakhir akan memunculkan kejutan baru lagi. Persib Bandung diprediksi akan menjadi tim yang paling sering dibicarakan karena nama besar pemain anyar yakni Michale Essien yang notabene adalah pemain bintang dunia.

Bergulirnya Liga 1 Indonesia, didukung oleh dua sponsor besar yakni Go-Jek dan Traveloka. Go-Jek ditunjuk menjadi sponsor utama. Penunjukan dua sponsor ini kemudaian berdampak pada pergantian nama yang sebelumnya Liga 1 Indonesia menjdai Go-Jek Traveloka Liga 1.

Untuk Hak siar, PSSI percayakan TVOne menjadi pemegang hak siar sepanjang msum bergulir. Stasiun televisi swasta milik Bakkrie Group ini berhak menyiarkan 355 pertandingan dari ajang Liga 1 dan Liga 2.

Kepastian tersebut juga dipastikan Komisaris Utama TVOne, Anindra Ardiansyah Bakrie, usai rapat bersama operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI di Markas Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Gambir, Jakarta, Rabu (29/3).

Menurut Ardi, TVOne nantinya bakal menjadi pemegang hak siar secara eksklusif, dibantu PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dan ANTV untuk produksi siarannya.

“Kami menjadi eksklusif official broadcaster dengan total ada 355 pertandingan Liga 1 dan Liga 2. Kami akan menayangkan 13 pertandingan setiap pekan, yakni tujuh pertandingan Liga 1 dan enam pertandingan Liga 2,” kata Ardi.

Nantinya, kata Ardi, setiap akhir pekan akan ada dua pertandingan, begitu juga di hari biasa. Semua dipukul rata kecuali Selasa, karena akan ada satu pertandingan Liga 2 di siang hari.

“Pertandingan Liga 1 disiarkan pada Senin (1 pertandingan), Jumat (2), Sabtu (2), dan Minggu (2). Waktunya siang (15.30) dan sore (18.30),” ujarnya.

Menurut Ardi, pembelian hak siar kali ini menjadi sejarah tersendiri bagi Bakrie Group. Pasalnya, baru kali ini sebuah media menayangkan pertandingan kompetisi kasta tertinggi dan kasta kedua dengan jumlah yang hampir sama.

“Tentu apapun yang berkaitan dengan bangsa, kami akan berkontribusi. Tidak hanya sepak bola, tapi juga olahraga secara keseluruhan. Saya harap olahraga Indonesia bisa jadi lebih baik terutama sepak bola bisa jadi Macan Asia,” ungkapnya.