Mitra Kutai Kartanegara (Barisan Kukar/Naga Mekes)

Logo-Mitra-KukarMitra Kutai Kartanegara (Mitra Kukar) adalah sebuah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Klub ini memiliki julukan sebagai Barisan Kuat dan Kekar atau nama lainnya Naga Mekes. Seluruh pertandingan kandang Mitra Kukar dimainkan di Stadion Madya AjiImbut,Tenggarong Seberang. Mitra Kukar termasuk dalam 18 klub yang akan berkompetisi di Liga 1 Indonesia 2017

Sejarah klub Mitra Kutai Kartanegara

Cikal bakal Mitra Kukar adalah klub Niac Mitra asal Surabaya yang kemudian dikenal pula dengan sebutan Mitra Surabaya. Pada Tanggal 16 Juni 1983, Niac Mitra berkesempatan melakukan pertandingan persahabatan melawan Arsenal yang saat itu sedang melakukan tur pertandingan di Asia Tenggara. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Gelora 10 November dan disaksikan kurang lebih 30.000 penonton tersebut.

Arsenal yang saat itu diperkuat pemain-pemain terbaiknya seperti David O’Leary, Pat Jennings, Kenny Sansom, Brian Talbot, Alan Sunderland dan Graham Rix harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-0. Dua gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Fandi Ahmad pada menit ke 37 dan Joko Malis lima menit sebelum pertandingan usai.

Ketika Mitra Surabaya terdegradasi ke Divisi Satu Liga Indonesia pada tahun 1999, klub ini dibeli pemilik Barito Putra dari Banjarmasin yakni H. Sulaiman HB dan pindah markas ke ibu kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Sejak itu Mitra Surabaya berganti nama menjadi Mitra Kalteng Putra (MKP).
Pada tahun 2001, Mitra Kalteng Putra degradasi ke Divisi Dua Liga Indonesia. Kesulitan keuangan yang dialami Mitra Kalteng Putra dalam menjalani roda kompetisi akhirnya membuat klub ini kembali pindah markas ke Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2003 dengan status dipinjamkan.

Mitra Kalteng Putra kemudian berganti nama lagi menjadi Mitra Kukar saat menjalani kompetisi Divisi Dua Liga Indonesia musim 2003 hingga sukses menapak ke kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia pada musim 2004. Status Mitra Kukar secara resmi menjadi milik Kutai Kartanegara setelah klub ini dibeli dari H. Sulaiman HB dengan harga Rp. 1,5 miliar pada tahun 2005.

Di musim 2007, Mitra Kukar berhasil lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia musim 2008 setelah sukses menduduki posisi sebagai juara Grup IV sekaligus melaju babak semifinal Divisi Satu Liga Indonesia musim 2007. Namun, Mitra Kukar gagal melangkah ke babak final setelah kalah dari Persikad Depok melalui adu penalti.

Mitra Kukar untuk pertama kalinya mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia sejak musim 2008. Setelah 3 tahun berlaga di Divisi Utama, Mitra Kukar akhirnya menembus kasta tertinggi Liga Indonesia pada musim 2011/2012 setelah meraih predikat Juara III Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011.

Profil Mitra Kutai Kartanegara 

  • Nama lengkap : Persatuan Sepakbola Mitra Kutai Kartanegara
  • Julukan : Barisan Kukar Naga Mekes
  • Didirikan : 2003
  • Stadion : Stadion Madya Tenggarong, Kutai Kartanegara,Indonesia
  • (Kapasitas: 35.000)
  • Ketua Umum :  Endri Erawan
  • Sekretaris : Trias Slamet
  • Bendahara : Aji Ari Junaidi
  • Manajer : Roni Fauzan
  • Pelatih : Subangkit
  • Asisten Pelatih : & Rudy Eka Priyambada
  • Dokter Tim : dr. Radjiman
  • Liga : Liga Super Indonesia
  • 2013 : Liga Super (Peringkat 3)
  • Kelompok suporter : Mit-Man (Mitra Mania)

Skuad Mitra Kukar Liga 1 Indonesia 2017

No Jersey Posisi Negara Asal Nama Pemain
6 DF Indonesia Zulchrizal Abdul Gamal
7 DF Indonesia Arifki Eka Putra
8 MF Indonesia Dian Irawan
13 MF Indonesia Bayu Pradana
16 DF Indonesia Saepulloh Maulana
17 FW Indonesia Ronal Semot
19 DF Indonesia Joko Sidik
21 MF Indonesia Anindito Wahyu
23 MF Indonesia Hendra Adi Bayauw
26 MF Indonesia Muhammad Bahtiar
27 DF Indonesia  Zikri Akbar
29 FW Indonesia  Septian David Maulana
33 DF Indonesia Syahrizal Syahbuddin
35 GK Indonesia Riki Pambudi
47 GK Indonesia Geri Mandagi
63 DF Indonesia Dedi Gusmawan
99 FW Indonesia Yogi Rahadian
DF Spanyol Jorge Gotor
MF Korea Selatan Oh In-kyun
FW Indonesia  Nur Iskandar
DF Indonesia Wiganda Pradika
FW Indonesia Aldino Herianto
DF Indonesia Syaiful Ramadhan
DF Indonesia Ahmad Hisyam Tolle
MF Indonesia Arpani
GK Indonesia Thomas Ryan Hermawan
FW Indonesia Zulham Zamrun