Persib Bandung (Maung Bandung)

Logo-Persib-BandungPersib Bandung merupakan salah satu tim Elit tanah air yang sangat berpengaruh dan memiliki loyalis yang sangat kuat. Tim besar ini sangat konsisten dan terus eksis di setiap kompetisi tanah air. Prestasinya sangat banyak dan selalu menduduki peringkat lima besar dalam beberapa kompetisi terakhir. Pada kompetisi TSC CUP 2016, Persib menduduki peringkat tiga dengan poin 55. Klub kebanggaan kota Bandung ini akan ikut dalam kompetisi bergengsi Liga 1 Indonesia 2017, dulunya bernama ISL.

Sejarah klub

Sebelum ia bernama Persib Bandung, terlebih dahulu di tahun 1923 bernama BIVB (Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond) merupakan salah satu organisasi perjuangan nasionalisis pada masa itu.

Pada tahun tersebut BIVB ini beberapa kali mengadakan pertandingan di luar kota seperti Yogyakarta dan Jatinegara, Jakarta. 19 April 1930, BIVB bersama dengan VIJ Jakarta, SIVB (sekarang Persebaya), MIVB (PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), dan PSM (PSIM Yogyakarta) turut membidani kelahiran PSSI dalam pertemuan yang diadakan di Societeit Hadiprojo Yogyakarta. BIVB dalam pertemuan tersebut diwakili oleh Mr. Syamsuddin. Setahun kemudian kompetisi tahunan antar kota/perserikatan diselenggarakan. BIVB berhasil masuk final kompetisi perserikatan pada tahun 1933 meski kalah dari VIJ Jakarta.

BIVB sempat menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang juga diwarnai nasionalisme Indonesia yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Pada tanggal 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu sepakat melakukan fusi dan lahirlah perkumpulan yang bernama Persib yang kemudian memilih Anwar St. Pamoentjak sebagai Ketua Umum. Klub-klub yang bergabung ke dalam Persib adalah SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.

Persib kembali masuk final kompetisi perserikatan pada tahun 1934, dan kembali kalah dari VIJ Jakarta. Dua tahun kemudian Persib kembali masuk final dan menderita kekalahan dari Persis Solo. Baru pada tahun 1937, Persib berhasil menjadi juara kompetisi setelah di final membalas kekalahan atas Persis.

Profil Persib Bandung (Maung Bandung)

  • Nama lengkap : Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung
  • Julukan : Maung Bandung
  • Didirikan : 14 Maret 1993
  • Stadion : Si Jalak Harupat
  • Suporter : Bobotoh
  • Gabung ISL : Musim 2008/2009

Skuad Persib Bandung Liga 1 Indonesia 2017

No Jersey Posisi Negara Asal Nama Pemain
1 GK Indonesia Muhammad Natshir
2 DF Indonesia Wildansyah
3 DF Montenegro Vladimir Vujović
4 DF Indonesia Sugianto
5 DF Indonesia Henhen Herdiana
6 DF Indonesia Tony Sucipto
7 MF Indonesia Atep Rizal
8 MF Indonesia Gian Zola
10 MF Liberia Erick Weeks Lewis
11 MF Indonesia Dedi Kusnandar
13 MF Indonesia Febri Haryadi
16 DF Indonesia  Achmad Jufriyanto
17 MF Jepang Shohei Matsunaga
18 DF Indonesia Jajang Sukmara
22 DF Indonesia Supardi Nasir
23 MF Indonesia Kim Kurniawan
24 MF Indonesia Hariono
25 GK Indonesia Imam Arief Fadillah
33 FW Indonesia Sergio van Dijk
78 GK Indonesia I Made Wirawan
82 FW Indonesia Tantan Dzalikha
MF Indonesia Ahmad Subagja Basith
FW Indonesia Angga Febrianto Putra