Persija Jakarta (Macan Kemayoran)

Logo-Persija-JakartaPersatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija Jakarta) merupakan klub sepakbola profesional kebanggaan masyarakat DKI Jakarta. Persija merupakan klub besar, memiliki loyalis yang sangat kompak. Beberapa kompetisi terakhir klub bertabur bintang ini meraih hasil kurang memuaskan, salah satunya TSC CUP 2016 hanya menempati peringkat 14. Hasil akhir yang tentunya tidak sebesar namanya.

Kompetisi bergengsi tahun ini, Liga 1 Indonesia 2017 akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk berprestasi lebih baik, membuat masyarakat bangga akan nama besarnya.

Sejarah klub Persija Jakarta

Berdirinya Persija ini pada tanggal 28 November 1928, tepat sebulan setelah Sumpah Pemuda, dengan cikal bakal bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). VIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu-19 April 1930.

Klub ini mendapatkan perhatian yang besar dari Mantan Gubernur Jakarta, Sutiyoso yang merupakan Pembina Persija. Kelompok pendukungnya bernama The Jakmania

Nama asli Persija dahulu adalah VIJ (Voetbalbond Indonesiasche Jacatra.Pada zaman Hindia Belanda.Pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIJ berganti nama menjadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta). Pada saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) sebagai organisasi tandingan PSSI masih ada. Di sisi lain, VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) sebagai bond (perserikatan) tandingan Persija juga masih ada.

Tertinggal dari takdir atau bukan, seiring dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mau tidak mau harus bubar. Mungkin juga karena secara sosial politik sudah tidak kondusif (mendukung). Suasana tersebut akhirnya merembet ke anggotanya, antara lain VBO. Pada pertengahan tahun 1951, VBO mengadakan pertemuan untuk membubarkan diri (likuidasi) dan menganjurkan dirinya untuk bergabung dengan Persija.

Dalam perkembangannya, VBO bergabung ke Persija. Dalam turnamen segitiga persahabatan, gabungan pemain bangsa Indonesia yang tergabung dalam Persija “baru” itu berhadapan dengan Belanda dan Tionghoa. Inilah hasilnya:

Persija (Indonesia) vs Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda vs Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), dan Persija (Indonesia) vs Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951). Semua pertandingan berlangsung di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.

Persija Jakarta (Macan Kemayoran)

  • Nama lengkap : Persatuan Sepak bola Indonesia Jakarta
  • Julukan : Macan Kemayoran
  • Didirikan : 28 November 1928 sebagai VIJ Jakarta
  • Stadion : Stadion Utama Gelora Bung Karno,Jakarta, Indonesia (Kapasitas: 88.083 tempat duduk)
  • Ketua Umum : Ferry Paulus
  • Pelatih : Paulo Wesley Silva Camargo
  • Liga : Liga Super Indonesia, 2015 : ke-5, Liga Super Indonesia
  • Kelompok suporter : Persija Fans Club, The Jakmania

Skuad Persija Jakarta Liga 1 Indonesia 2017

No Jersey Posisi Negara Asal Nama Pemain
6 DF Indonesia Maman Abdurrahman
7 MF Indonesia Ramdani Lestaluhu
8 MF Indonesia Sutanto Tan
9 FW Indonesia Pandi Lestaluhu
10 FW Indonesia Rudi Widodo
13 DF Indonesia Gunawan Dwi Cahyo
14 DF Indonesia Ismed Sofyan
17 MF Indonesia Ambrizal Umainalo
20 FW Indonesia Bambang Pamungkas
21 MF Indonesia Amarzukih
22 MF Korea Selatan Hong Soon-hak
26 GK Indonesia Andritany Ardhiyasa
28 MF Indonesia Rezaldi Hehanusa
29 MF Indonesia Sandi Sute
30 GK Indonesia Rizky Darmawan
32 MF Indonesia Novri Setiawan
33 DF Brasil Willian Pacheco
35 GK Indonesia Daryono
36 DF Indonesia Vava Mario Yagalo
77 MV Indonesia Jefri Kurniawan