Semen Padang (Kabau Sirah/Kerbau Merah)

Logo-Semen-Padang

Semen Padang FC merupakan klub sepakbola profesional yang bermarkas di kota Padang – Sumatera Barat. PT Semen Padang merupakan pemilik resmi. Klub kebanggaan kota Padang ini memilki pendukung setia The Kmers (Kerbau Merah Suporter) yang diresmikan pada tahun 2001. Semen Padang akan berlaga di Liga 1 Indonsia  yang akan bergulir 26 Maret 2017

Rumah Tim Kabau Sirah, yaitu stadion Gelora Haji Agus Salim dengan kapasitas 20.000 penonton. Dua tim lain yang juga bermarkas disini yaitu klub PSP Padang dan Minangkabau FC. Pada tahun mendatang, Semen Padang akan membangun stadion berkapasitas 30 hingga 40 ribu penonton dan akan dinamakan Stadion Azwar Anas.

Awalnya Semen Padang didirikan oleh sebuah klub sepak bola yang di milik oleh PT Semen Padang . Ia merupakan perusahaan semen tertua di Indonesia.Pada tahun 2010 didirikan PT. Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) sebagai payung legalitas dan bisnis Semen Padang FC sebagai salah satu syarat profesionalitas tim kontestan Liga kasta tertinggi di Indonesia. Klub sepak bola ini, bermarkas di Indarung, Padang, Sumatera Barat, dan memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Gelora Haji Agus Salim.

Sejarah klub  Semen Padang

Kelahiran Semen padang ini berawal dari tanggal 30 November 1980. Mengawali debut pada kancah sepak bola Indonesia dengan mengikuti Divisi 1 Galatama tahun 1980. Pada tahun 1982, Semen Padang FC berhasil menjuarai Divisi 1 Galatama dan sekaligus di promosi ke Divisi Utama Galatama.

Perserikatan dan Galtama itu melakukan pengabungan kedua liga di musim 1994-1995. Penggabungan tersebut membentuk sebuah sistem liga baru di Indonesia bernama Liga Indonesia, Dan Semen Padang FC memenuhi syarat untuk menjadi salah satu dari 34 klub kontestan kasta tertinggi Divisi Utama Liga Indonesia (atau lebih populer disebut Divisi Utama Ligina saja).

Dari tahun 2004-2017 Semen memang belum pernah berada di posisi 10 besar. Sangat di sayangkan sekali sejak awal tahun 2000, FC sempat mulai bangkit, akan tetapi masih saja gagal untuk melaju ke Semifinal LI 2002 dengan status juara Wilayah Barat, lalu dihentikan Petrokimia Putra,Kabau Sirah kembali terpuruk.Pada akhir LI 2007, Semen Padang FC finis ke-16 di LI Wilayah Barat, dan terdegradasi.

Profil Semen Padang (Kabau Sirah/Kerbau Merah)

  • Nama Lengkap : Semen Padang Football Club
  • Julukan : Kabau Sirah ( Kerbau Merah )
  • Berdiri : 30 November 1980
  • Stadion : Stadion Gelora Haji Agus Salim, Padang Sumatera Barat ( Kapasitas 20.000 )
  • Komisaris : Pudjo Suseno
  • Dirut : Daconi
  • Pelatih Kepala : Nil Maizar
  • Liga : Peserta Indonesia Soccer Championship
  • Situs web : http://www.semenpadangfc.co.id/
  • Kelompok Suporter : Spartacks, The Kmers, Ultras West Sumatera, Ultras Semen Padang
  • Prestasi : Juara Piala Galatama ( 1992 ), Juara IPL ( 2011–2012 ) Runner Up Piala Indonesia ( 2013 ), Juara Indonesia Community Shield ( 2013 ), Runner Up Piala Jenderal Sudirman ( 2016 )

Skuad Semen Padang Liga 1 Indonesia 2017

No Jersey Posisi Negara Asal Nama Pemain
2 DF Indonesia Novan Setya Sasongko
4 DF Indonesia Handi Ramdhan
5 DF Indonesia Novrianto
7 MF Indonesia Rudi
8 FW Brasil Marcel S. Sacramento
10 MF Indonesia Vendry Mofu
11 DF Indonesia Hengky Ardiles
13 DF Indonesia Fandry Imbiri
16 DF Indonesia Agung Prasetyo
20 FW Indonesia Riko Simanjuntak
22 GK Indonesia Jandia Eka Putra
23 FW Indonesia Adi Nugroho
28 MF Indonesia Muh. Alwi Slamat
31 GK Indonesia Rendy Oscario Sroyer
88 FW Indonesia Irsyad Maulana
89 DF Brasil Cássio F. de Jesus
96 FW Indonesia Reza Fahlevi Maldini S.
FW Indonesia Tambun Naibaho
FW Indonesia Syamsul Bahri